10 February 2009

DELI-KILL-OUS

Yang namanya manusia pasti doyan makan (ya iyalah, kalo gak makan mati), termasuk gw (ya iyalah, gw kan manusia), gw itu (ya iyalah, eh belom ya?) doyan banget makan. Apa aja yang menurut gw enak pasti gw sikat. Kebetulan berat badan gw itu kurang, jadi dituntut buat makan lebih banyak. Udah gitu nyokap rutin beliin gw Appeton Weight Gain (bukan mau promosi lho) yang bikin nafsu makan gw jadi berlipat-lipat. Hasilnya? Perut gendut menjijikan ala eksekutif kota. Ini akibat dari kebanyakan makan yang bener-bener kebanyakan en tanpa disertai ‘usaha’ buat membentuk perut itu sendiri. Dulu itu gw rajin work out (gaya), tapi sejak gw kena salah urat di dada gw jadi agak trauma buat mulai lagi. Gw akhirnya lebih memfokuskan diri buat naikin berat badan. Sukses sih, tapi gw nyoba telanjang bulet terus ngaca. Gila ganteng abis gw, hehehe, becanda. Setelah ditelaah martatilaah, rupanya bentuk badan gw secara overall itu very no (enggak banget). Dari kepala ke leher it’s oke. Nah, dari leher kebawah ini yang bentuknya gak karuan. Tangannya kecil gak berotot, dada juga gak bidang, tapi perut ngegembung! Gw hamil kali ya? Kondisi kayak gini gak bisa dibiarkan. Gw sadar harus memperbaiki pola makan gw.

Yang paling simple itu porsi makannya dulu. Ternyata, makan dikit tapi teratur waktunya itu lebih baik daripada makan banyak tapi mendadak. Kebiasaan gw banget nih. Gw inget porsi makan malem gw beberapa hari yang lalu : Nasi Goreng Seafood, Sapotahu, Ikan Balado, Donat J-Co, sama kue keju! Dan gw ngabisin itu semua sekaligus! Prak pruk prak pruk habis semua! Nyokap ampe bingung kenapa makan gw jadi banyak begini. Dan itu terjadi di setiap waktu makan gw, gak sarapan, makan siang, ato makan malem. Gw udah nyari-nyari informasi soal makan-memakan. Jadi yang bagus itu kita sarapan pagi jam 7 sampe jam 8, sarapan yang ringan aja. Bisa telur rebus, roti, ato Oat Meal yang baik buat asupan energi. Gw kebiasaan makan indomi goreng. Nah, ini yang gak bagus karena kan indomi ada penguat rasa. Apalagi buat sarapan, makin runyam ntar ni perut. Ada juga yang bilang kalo pake mentega itu jangan yang sembarangan. Kan ada tuh mentega dari minyak nabati, nah katanya itu yang bagus. Dan berhubung gw gak begitu suka roti, jadi mending gw biasain buat makan telur rebus aja kali ya? Ato nasi pake telor goreng, tambah sosis juga enak (ups!). Plus susu biar lebih komplit. Tapi kalo lo gak biasa minum susu pagi-pagi ya jangan, ntar beser lagi. Hehehe..

Makan siang baru deh makan yang berat. Soalnya kan jam-jam segitu kita lagi perlu tenaga banget. Gak makan ya loyo. Tapi inget jangan kebanyakan makan (gak ngaca ama diri sendiri). Nabi Muhammad SAW juga ngajarin kita buat berhenti makan sebelum kita kenyang. Maksud Beliau, kita harus makan secukupnya aja. Jangan mentang-mentang nasinya gratis terus diambil sebakul. Makan yang cukup dan perlahan, supaya perut juga gak kaget. Perut yang penuh juga bikin kita jadi ngantuk. Waktu kecil kan kita diajarin 4 sehat 5 sempurna yak? Berhubung yang 5 itu mahal, jadi gw sih maunya menuhin yang 4 poin pertama aja. Nasi, lauk macam ikan ato daging, sayur, ama buah. Cukup kan? Susu emang penting, tapi sayangnya susah banget dapetnya. Dan buat anak kostan kayak gw susu itu tergolong mahal. Sedihnya..

Lalu makan malam. Makan malem itu yang bagus jam 7 ampe jam 8. Makan terlalu sore bisa bikin perut kita kosong terlalu lama pas lagi tidur, itu gak bagus buat metabolisme kita. Dan kalo makan terlalu malem, itu bisa bikin perut kita gendut, karena usus kita kan juga perlu istirahat. Kalo kebanyakan makanan yang masuk yang ada gak semuanya bisa dicerna dan akhirnya numpuk jadi lemak. Ini nih yang selalu bikin orang jadi gemuk. Makan malem-malem. Gw juga begitu. Sering makan malem jam 12an akhirnya perut jadi kayak tempurung kura kura begini. Udah gitu indomi pula! Damn! Indomi goreng telor emang makanan paling enak! Murah lagi! Tapi jangan terlalu sering lah makan begituan. Tahan emosimu nakkk!!

Yang berikutnya adalah susunan formasi makanan kita. Maksudnya makanan apa aja yang biasa kita makan. Sehat gak? Sesuai dengan kebutuhan gak? Begitulah kira-kira. Buat urusan yang satu ini, gw udah terbilang kacau. Makanan favorit gw itu justru rajanya kolesterol: udang, cumi, dan jeroan! Belom lagi kalo mesen di restoran padang, pakai santan makin sempurna aja. Dulu gw sempet memproklamirkan diri buat gak akan makan jeroan lagi. Tapi aroma soto babat di pinggir jalan bener-bener bikin gw mabuk kepayang. Belum lagi kalo ada gulai limpa, plus paru goreng. Sekarang sih belum kerasa efeknya. Tapi ntar kalo gw udah tuwir baru deh nyaho. Karena itu semua maksudnya sebagai protein supplier, jadi gw harus ngeganti semua lauk itu dengan yang lebih sehat. Protein bisa didapat dalam daging, telur, dan kacang-kacangan. Buat daging, beberapa orang menyarankan buat milih daging putih yang tak berlemak, khususnya ikan. Ikan itu sehat banget loh, apalagi kalo masih fresh. Jadi dikurangi lah makan daging berlemak, khususnya daging kambing yang emang pabrik kolesterol. Kacang-kacangan juga oke, tapi ada yang bilang kacang bikin jerawat ya? Itu kalo kacang yang digoreng. Coba aja kacang yang dimasak tanpa minyak. Gw sih gak begitu suka kacang. Tapi kalo dibeliin sih mau. Dan yang paling penting itu makan sayur dan buah! Pasti kebanyakan dari kita kurang banget makan buah dan sayuran. Jangan makan junkfood mulu, gak ada gizinya (tapi kalo ditraktir temen jangan nolak, sayang!). Banyakin makan sayur karena banyak vitamin penting yang gak bisa diproduksi tubuh. Inget, semahal-mahalnya vitamin tablet yang lo beli, tetep aja vitamin yang paling bagus itu vitamin yang lu makan langsung dari sumbernya, yaitu sayur dan buah. Kalo di rumah lo ada yang bisa masak, coba aja pastiin kalo mereka juga masak sayur sebagai pelengkap lauk di meja makan lo. Dan pastiin juga kalo sayur tersebut gak dimasak secara berlebihan. Kayak direbus kelamaan, ato dicuci dengan penuh semangat (dikucek kucek maksudnya), yang ada vitaminnya hilang. Sayur itu paling bagus kalo dimasak tiga per empat matang, dan dicuci dulu tentunya buat ngilangin sisa-sisa pestisida yang nempel. Sama juga kayak buah, makan deh tuh buah yang banyak, khususnya yang banyak mengandung serat dan vitamin C. Jeruk contohnya. Jangan minum yang di botolan doing, icip juga buah benerannya. Biasain buat ganti cemilan lo ama buah. Buat yang ini, gw bersyukur karena di rumah gw sering ada buah, jadi gw gak terlalu membiasakan diri buat ngemil yang aneh-aneh.

Wah ini kalo ada ahli nutrisi yang baca blog gw, bisa dikatain sooty nih. Jangan khawatir pak, saya cas cis cus gak asal ngomong kok, saya ambil dari beberapa referensi di internet. Jadi dijamin tok cer!!!!!




No comments: