10 February 2009

ENGLISH BREAKFAST ABAL-ABALAN

Jarang-jarang nih gw ngeluarin resep gak jelas kayak gini. Apalagi gw naturalnya gak bisa masak. Tapi gara-gara blog gw dibawah ini gw jadi pengen nyoba ngasi kalian semua resep simple yang semua orang pasti bisa!

Gw bakal ngasi lo tips untuk menyiapkan English Breakfast atau sarapan ala orang inggris. Sekali-sekali lah lu cobain makan pagi ala bule. Jangan indomi mulu yang dimakan. English breakfast itu terdiri dari telor, sosis, dan bacon (daging babi). Karena babi itu haram jadi bisa diganti yang laen. Model sarapan ini udah dikenal luas di dunia. Kalo kalian pada ke hotel-hotel berbintang, umumnya mereka nyediain English Breakfast ini. Dulunya English Breakfast cuma ditujukan buat kaum pekerja dan supir truk yang emang butuh nutrisi gede buat banting tulang, tapi perlahan-lahan masakan ini udah ‘membaur’ untuk semua kalangan dan dapat ditemukan dimana saja di UK.

Seperti halnya hidangan lainnya, English Breakfast sering kali disajikan dengan kualitas bahan-bahan makanan yang buruk. Untuk menghindari hal-hal tersebut, pilihlah bahan makanan yang berkualitas. Dan masaklah dengan tepat, hindari memasak hingga gosong, dengan penyajian yang tepat hidangan ini dapat menggugah selera dan mempunyai gizi yang dibutuhkan dalam aktivitas kita sehari-hari . Liat aja fotonya, bikin ngiler. Menyiapkan English Breakfast gampang kok. Karena emang gak perlu hal-hal yang ribet. Semua cuma berhubungan dengan hal-hal simple yang mudah dilakukan di dapur. Apalagi bahan-bahannya merupakan bahan makanan yang cenderung mudah didapat di berbagai supermarket.

Nah, ini dia bahan-bahan yang diperlukan, untuk 1 porsi:

1. 1 slice ikan atau daging sapi

2. 1 butir telur ayam

3. 2 buah sosis sapi

4. 100 gram jamur kancing

5. 1-2 potong roti

6. 1 kaleng baked beans (kacang kalengan)

7. 1 buah tomat

8. 1 buah kentang rebus (kalo gak mau pake roti)

9. HP Brown Sauce (katanya sih ini yang bikin khas)

Bikinnya gini nih:

1. Belah tomat dan kentang yang sudah direbus.

2. Panggang daging atau ikan dan sosisnya. Daging bisa diiris tipis-tipis (jadi kayak daging sukiyaki) kalo mau. Biarkan sosis utuh supaya lebih kerasa Britishnya (apa coba). Bila sudah terasa cukup matang, angkat. Terserah mau setengah mateng ato well done itu tergantung selera. Setelah itu gantian panggang tomat dan kentangnya. Gak muat kan kalo dimasukin semua sekaligus. Hehehe..

3. Tumis jamur kancing diatas wajan dengan api yang kecil. Kalau udah kecoklatan, angkat.

4. Panaskan baked beans. Jangan sampe gosong, apinya kecil aja. Biasanya di dalem kaleng ini udah ada kuah merahnya, jadi gak usah pake minyak apa-apa lagi.

5. Abis itu, tambahkan sedikit minyak. Goreng roti sampe kecoklatan.

6. Kalo roti udah mateng, tinggal goreng telornya. Terserah mau model kayak gimana. Kalo orang inggris biasanya digoreng setengah matang. Jadi mereka cuma memasak sisi bawahnya aja dan kuning telornya masih agak encer. Kalo gak doyan dibikin scrambled juga oke.

7. Selesai semua bahan dimasak, sajikan semuanya di satu piring gede. Tambahin saos HP buat nambahin rasa. Makan dah tuh, banyak kan porsinya? Hehehe

Kalo ngerasa porsinya kebanyakan, pilih aja salah satu, mau roti atau kentang. Kalo gw boleh saran sih mungkin kentang lebih cocok. Jangan lupa segelas orange juice biar lebih mantap!


No comments: