05 February 2009

THE STORY SO FAR

Petualangan gw di semester ini akhirnya kelar juga. Bener-bener bikin deg-degan dah. Dan ternyata hasilnya emang gak beda jauh dari yang udah gw perkirakan. IP gw anjlok banget, meskipun gw udah antisipasi bakal kayak gini mengingat semester ini gw jarang masuk kuliah gara-gara banyak bertugas jadi kuli panggul plus supir. Tapi anehnya nilai yang keluar malah kebalik. Yang seharusnya bagus jadi jelek, yang seharusnya jelek jadi bagus. Aneh emang, tapi buat gw hal kayak gini udah sangat biasa karena semester kemaren juga nasib gw kayak gini.

Rentetan nilai gw diawali dengan keluarnya nilai MPS Kualitatif yang gw dengan sangat amat yakin bisa dapet bagus. Dan, si akang dosen memberi saya nilai C! Kejam nian. Gw aja gak ngerti apa salah gw. Mungkin ada masalah sama absensinya. Tapi ternyata banyak temen-temen gw yang dapet C juga. Jadi gw pikir emang mungkin standar nilai ni mata kuliah tinggi. Udah gitu 3 sks pula. Nilai berikutnya yang keluar adalah Politik Luar Negeri 1. Ini mata kuliah yang gak pernah gw tinggalin. Gak ada absen sama sekali. UTS lancar karena dibawah bangku gw ada buku karangan si dosen yang siap memberi jawaban-jawaban maut. Begitupun pas UAS, koordinasi yang menakjubkan antar lini (apa sih) seakan semakin meyakinkan gw kalo mata kuliah ini pasti dapet A. Dan sekali lagi keanehan itu terjadi. Gw dapet C lagi. Usut punya usut. Si Dosen Cuma mau ngasi nilai bagus kalo jawaban UASnya sama persis dengan apa yang ada di buku. SAMA PERSIS. Gw emang ikutan nyontek dari situ. Tapi gw pake improvisasi kata-kata sendiri karena gw pikir justru bakal dapet poin plus. Ternyata enggak. Kambing jantan! Justru temen gw yang bener-bener nyalin isi tu buku dapet A. Hmmmm.. emang mahasiswa itu harus mengenal karakter dosen kalo mau sukses. Dengan dua hasil awal ini, nilai IPK gw bungee jumping gak keruan. Gak kebayang muke emak gw kalo liat ini angka.

Beberapa hari menjelang pengumuman akhir KKS, semua nilai udah hampir keluar. Ada berita gembira kalo mata kuliah yang udah gw ulang 2 kali, Pengantar Hubungan Internasional 1, gw dapet C. That’s more than enough! Dan mata kuliah yang cenderung ribet, Globalisasi, dapet B. Terus ada juga mata kuliah lagi yang udah keluar. Dari sini IPK gw udah merangkak normal lagi.

Ada kejadian lucu pas gw liat nilai gw di transkrip ada yang kosong, sementara nilai temen-temen gw udah keluar semua. Ini mata kuliah Politik Dunia 2. Meskipun gw jarang masuk, tapi UTS dan UASnya gw yakin bakal bagus. Daripada bengong, langsung aja gw tanya Asisten Dosen, katanya gw suruh nanya bapak dosen dang w dikasi nomernya. Gw pun langsung menelpon.

“Selamat siang pak, saya Riza mahasiswa bapak di HI, mau nanya soal nilai Poldun 1 saya yang kosong nih. Itu kenapa ya pak? Apa ada yang kurang?”

Kira-kira seperti itulah omongan gw. Si bapak yang baik hati pun melayani gw dengan ramah. Beberapa saat kemudian si bapak balik bertanya,

“Kamu dapet A kan?”

Ha? Mana gw tau, wong gw aja gak pernah liat nilai gw. Ya udah gw jawab aja,

”Iya pak”

Beliau membalas,

”Ya sudah nanti kamu ke PD1 diurus saja, nanti biar bapak konfirmasi”

”Baik pak, terima kasih”

Masa sih nilai gw A? Apa gara-gara gw bilang iya terus ntar bakal beneran jadi A? Pas gw lagi di kampus langsung aja gw urusin ke kantor dekanat, minta nilai gw dicetak di transkrip. Eeehh, gak taunya bener gw dapet A. Bener-bener baek dah si bapak ini. I love you pak Taufik! Hehehe..

Nilai terakhir yang keluar adalah MPS Kuantitatif yang gw sama-sekali gak ngerti karena pelajarannya berhubungan dengan angka dan rumus, plus, gw jarang sekali masuk kuliahnya. Dari awal gw udah pasrah bakal dapet jelek. Tapi berkat bonus poin 7,5 yang gw dapet hasil dari kesalah pahaman dari si dosen, nilai gw kedongkrak. Alhamdulillah banget. Gw banyak dapet pertolongan semester ini.

Nilai IPK gw malah jadi naek karena ada beberapa mata kuliah gw yang mengulang dapet nilai yang lumayan. Plus mata kuliah tak terduga yang entah gimana caranya jadi bagus mendadak. Gw bersyukur banget buat semuanya. Dan gak akan menyia-nyiakan kehokian ini dan berusaha gak terperosok lagi di semester besok. Target pun langsung dipasang : IPK 3 di akhir tahun. Semoga aja kesampean karena emak gw udah nanyain IPK gw mulu dari hari ke hari. Gak enak kan kalo IPK nya mampet di nilai yang sama. Semoga aja gw bisa konsisten belajar semester ini. Senior gw bilang kalo semester ini emang menentukan banget.

Yahh, semoga aja semua lancar.. Amiinn..




No comments: