24 January 2009

DUA PULUH RASA DUA BELAS, ATAU DUA BELAS RASA DUA PULUH

Jam 12 siang gw punya rencana buat tidur siang. Maklum, gw ngantuk banget gara-gara begadang nonton Juve - Fiorentina tadi subuh. Dan gw itu orangnya paling gak bisa bangun siang, jadinya jam setengah 10 gw udah bangun. Walhasil ya begini, mata kayaknya berat banget, pas gw mau coba tidur tetep aja gak bisa. Ya udah, daripada gak ada kerjaan, gw online. Kebetulan si pacar lagi online juga, jadinya chatting deh. Do'i mau bikin blog, terus gw suruh aja bikin disini, biar sama kayak gw (gak ngaruh sih sebenernya). Gw iseng buka blog gw. Nampak tak ada yang menarik. Kecuali tanggalan di taskbar gw, ternyata sekarang udah tanggal 25, that means, seminggu lagi gw ultah!

Oh man, berarti minggu depan umur gw udah 21! Udah mulai tua! Sementara gw masih ngerasa kalo gw itu masih seorang Riza Arifki culun yang mau naikin berat badan ke angka 30 aja susah banget. Kalo gw liat di kaca, muka gw emang masih bocah begini (ehm, sori ya, awet muda nih), tapi kalo gw liat wujud adek-adek gw, mereka udah pada bangkot semua. Adek gw yang cowok udah kumisan, tinggi pula, bentar lagi kalah gw tingginya. Adek gw yang cewek udah gak ketulungan. Udah macam Godzilla ukurannya. Tadi pagi juga nyokap gw nunjukin foto gw waktu masih piyik, sekitar taon 2002-an lah. Gila, gw ceking abis, rambut belah dua ala Nick Carter, keliatan kasiannya deh. Terus gw juga gak sengaja nemu buku tahunan SMP Percik waktu gw masih kelas 1. Keadaannya makin kronis, dengan seragam SMP yang gombrang, celana yang agak kekecilan, gw ngeliat diri gw kayak Smurf yang pake seragam ukuran gede! Emang sih, kelas 2 SMP kebawah tuh badan gw masih kurus kecil. Untung dengan pola latihan fisik, badan gw jadi agak tinggi.
Kalo gw inget-inget keadaan gw dulu, terus gw compare ama yang sekarang mungkin kerasa aneh. Dulu gw putih, rambut lurus belah tengik, en pas belom mengenal sepakbola gw kayaknya agak tembem. Tapi kenapa sekarang rambut gw keriting, jadi item dekil, plus badan kerempeng dengan modifikasi perut (mem)buncit gara-gara kebanyakan makan. Malah pacar gw sendiri bilang, "sayaang, kamu kok kecilnya lucu begini sih? kenapa sekarang jadi begini?"

'Jadi begini?'

Ugh, emang agak menyakitkan hati sih dengernya. Hehehehe..
Tapi yahh, faktor lingkungan banyak berpengaruh. Riza kecil kan dari dulu udah norak, suka maen panas-panasan. Jadinya item deh. Gw masih inget gw pernah maen bola jam 12 teng pas banget matahari lagi ngelunjak-ngelunjaknya, tiga jam! Itu waktu lapangan komplek gw baru selesai dibuat. Emang natural kampung, ngeliat lapangan bagus, langsung pengen maen.
Yak, lupakan metamorfosis gw. Gw jadi pengen bernostalgia ama kehidupan masa kecil gw. Kehidupan yang sekarang mungkin aneh kalo gw lakuin. Kehidupan yang gak akan pernah gw lupain, dan sesuatu yang buat gw unik dan selalu bikin gw seneng waktu itu.

Banyak banget kenangan bahagia masa kecil gw. Meskipun gw termasuk bocah yang ansos. Tapi lingkungan gw itu sendiri lah yang jadi temen bermain gw. Gw dulu tinggal di Cempaka Putih, daerah yang punya hobi banjir. Nah, justru saat-saat banjir itu yang paling gw tunggu-tunggu. Disaat bokap nyokap gw sibuk nyelametin barang-barang di rumah, gw justru ngabrit ke garasi rumah yang udah kegenang air. Maen becek-becekan bareng adek gw. Sampe akhirnya dimarahin en gak boleh keluar rumah. Atau pas banjirnya udah surut. Gw suka nyari binatang-binatang aneh yang nyangsang di rumah gw. Suka ada kepiting, belut, ikan sepat, bekicot, banyak deh. Semuanya gw kumpulin di kolam. Dan (bodohnya) gak gw kasi makan. Jadinya pada mati semua. Parah banget deh. Atau bikin rumah-rumahan pake kasur lipet, seprei, dan bantal yang gw susun jadi berbentuk gubuk. Terus gw tidur siang di dalem situ.

Man, masa kecil emang moment yang seru. Makanya gw justru sangat menyayangkan keadaan bocah-bocah jaman sekarang yang kecepetan gede. Bocah SD udah pacaran lah. Udah nenteng BlackBerry lah. Gaul ke Mall rame-rame. Ngerokok, nyimeng, atau yang lebih kacau udah mengenal sex sebelum waktunya. Mereka gak bisa, atau mungkin males ngerasain masa kanak kanak pada umumnya. Efek sinetron kali ya? Mereka lebih mikir "Ah, pengen cepet-cepet gede gw!" atau sejenisnya lah. Sayang banget. Padahal negara kita tu termasuk negara yang bisa dibilang punya nilai budaya yang mengajarkan anak-anak untuk bertingkah selayaknya. Banyak banget permainan tradisional yang bisa dimaenin ama mereka. Atau juga para orangtua terinspirasi dari karier Baim si bocah berbakat, jadinya semua anak-anak mereka dicemplungin ke dunia entertainment? Gambling, tapi tidak masalah jika si anak menyanggupi. Mungkin semua baru akan kerasa pas mereka udah dewasa.

"Where's my childhood memories?"

Kan sayang. Apalagi masa kecil gak bisa diulang. Andai gw bisa sih, ayo deh! Jangan sampe ada pemikiran bahwa menjadi anak-anak tu sesuatu yang memalukan. Gw suka mikir skeptis ama orang-orang yang sok dewasa. Ini itu, ini itu. Terkadang suka ada sisi positif yang bisa diambil dari pola pikir anak-anak. Kejujuran, rasa ingin tau, atau kepolosan yang bisa ngebawa kita menjadi lebih baik. Semua terbentuk dari sana.

1 comment:

gemma drestyswara said...

emank masa kecil itu masa paling indah, polos, lucu, n enggak berdosa hhoho. Ehh,buat kata2 aku yang bilang 'jadi begini' bukan berarti negatif lhoo! sensitif ahh! hhehe..