26 January 2009

SUPER SELUBUNG : INVASI SUNGAI CITARIK

"Semua hal yang dibuat secara tiba-tiba lebih berhasil daripada sesuatu yang dibuat lewat strukturisasi tetek bengek yang gak berujung"

Buat orang ekonomi mungkin kurang setuju ama statement diatas. Tapi buat gw, khususnya kami, kalimat tersebut sangat menggambarkan kondisi gw dan teman-teman gw yang penuh dengan kegoblokan dan kehancuran pola tindakan. Udah dua kali gw dan anak-anak nyusun jadwal kegiatan liburan, udah berapa kali rapat, malah gw udah sempet survey ke lokasi plus nyari informasi lewat internet. Nyusun anggaran akomodasi, konsumsi, transportasi, plus biaya hura-hura udah gw susun semua. Tapi selalu kandas di tengah jalan gara-gara masalah waktu yang gak pernah klop dan kata buras yang paling sering muncul ketika biaya yang dibutuhkan tergolong mahal. Akhirnya? Yaa gitu, gak jadi kemana-mana, bengong di rumah masing-masing. Meskipun kadang suka ada request dari anak-anak soal liburan, tapi gw udah pegel duluan ngurusnya. Jadinya gw suruh aja mereka yang ngurus teknisnya gimana. Dan, seperti biasa, gagal karena emang ngurusin ginian super ribet. Apalagi nyatuin jadwal liburan anak-anak yang semuanya kuliah di kampus yang berbeda itu bener-bener susah.

Tadinya gw sempet pesimis kalo kita bisa liburan bareng. Toh waktu liburan kita tinggal semingguan lagi. Dan gw udah gak ada ide lagi mau ngapain. Tapi tiba-tiba ada usul yang sangat menarik.

Awalnya, Kamis 22 Januari, gw dan temen kampus gw, Aji, mau benerin mobilnya di bengkel deket rumah gw. Sebelum ke bengkel, kita ngendok dulu di rumah, sambil iseng browsing internet. Terus mendadak Aji ngusulin buat nyoba arung jeram. Kebetulan kita berdua belum pernah nyoba, dan sangat tertarik buat maen olahraga air yang memacu adrenalin itu. Langsung aja gw cari data lewat internet. Dan langsung dapet. Sayangnya biaya cukup mahal, gw jadi pesimis kalo anak-anak yang laen mau join. Apalagi kalo mau booking, minimal peserta per paket itu 5 orang. Jadi mau gak mau harus cari 3 orang lagi (ya iyalah, gw juga ogah Cuma berduaan ama ni monyet!). Seperti biasa, gw nyebar jarkom lewat sms. Pertama-tama muncul balesan yang sudah sangat gw duga.

“Adduuhh, buraass! Gak ada duit!”

“Burason Karomatun dos Santos Aveiro”

Sambil ketawa cekikikan gw nunggu balesan yang laen. Gak lama temen gw yang lagi liburan di Bali, Getek (bukan nama sebenarnya, tapi nama aslinya gak beda jauh), mau ikutan asal anak-anak yang laen juga ikutan. Berikutnya gw kontak Dika, orang kasian yang sampe sekarang masih harus ber-UAS ria di kampusnya. Ternyata dia juga tertarik. Udah terkumpul empat ekor primata siap tempur. Tinggal satu ekor lagi yang harus dicari. Akhirnya ada juga, Dwipa, orang kasian kedua yang juga masih ber-UAS ria di kampusnya. Gw ama Aji akhirnya yakin kalo event ini bisa kesampean. Dan setelah negoisasi soal waktu keberangkatan yang (seperti biasa) cukup ribet. Kita nentuin tanggal 26 yang bertepatan dengan Imlek sebagai tanggal keberangkatan. Gw juga udah nelpon operator arung jeramnya buat reservasi. Dia bilang semua udah siap, tinggal di transfer aja pembayarannya. Dan gw (dengan sangat amat berat hati) transfer full semua biaya, jadi anak-anak tinggal bayar ke gw (tapi sampe tulisan ini gw tulis, itu utang belum lunas juga). Yo wis, kita tinggal prepare aja buat hari Senin.

Daripada banyak ngemeng mending ceritanya langsung gw skip ke hari minggu malem aja ya?

Minggu malem gw kirim sms ke anak-anak buat perlengkapan yang harus dibawa, sekalian konfirmasi ulang, gak lucu kan kalo tiba-tiba ada yang gak jadi ikut. Dari situsnya sih, kita disuruh bawa baju ganti, handuk, peralatan bilas, sunblock (gak ngaruh juga sih, kita semua udah terlanjur item), dan sunglass. Khusus buat sunglass, kita secara kebetulan baru aja beli sunglass RayBan Wayfarer dari Kaskus. Abal sih, tapi yang penting gaya dulu. Jadi gw mewajibkan anak-anak buat make RayBan Wayfarer sebagai dresscode perjalanan kali ini.

Senin subuh jam 5 gw bangun. Si Aji udah duluan nginep karena dia yang bawa mobil. Gw bangunin anak-anak yang laen karena takut pada kebablasan. Akhirnya jam 6 semua ngumpul di rumah gw. Dan langsung berangkat. Kita semua ditemenin Mas Dadang, dia yang pegang kemudi mobil Aji. Tujuan kita gak tanggung-tanggung jauhnya : Sungai Citarik, Sukabumi. Operatornya bilang waktu tempuh kesana sekitar 3 jam. Itupun kalo gak macet. Tapi Alhamdulillah kita gak kejebak macet sedikitpun. Jalan tol jagorawi lancar, pas exit tol Ciawi juga lancar.

Setelah mendaki gunung lewati lembah (apa sih), dan jalan yang berbelok-belok melewati kebun kelapa sawit dan kebun pohon entah apa itu (ada yang bilang itu pohon karet, ato pohon jati, tapi berhubung yang ngomong anak-anak sotoy, gw gak mau dengerin) kita sampai juga di tempatnya. Total 3 jam kurang kita tempuh dari Jakarta sampai Citarik.

Nama operator kita itu Arus Liar, yang juga jadi operator arung jeram pertama di sungai Citarik. Awalnya gw reservasi paket ‘Two Hours Rafting’, tapi anak-anak minta nambah jadi ‘Full Day Rafting’ yang finishnya di Pelabuhan Ratu. Trip ini makan waktu sekitar 4 jam, dahsyat!

Kita mengenakan peralatan rafting yang udah disiapkan oleh operator (agak bau sih, tapi it’s ok lah). Dengan dipandu dua orang guide, kita mulai menyelusuri sungai Citarik. Pertama-tama kita naik ke atas bukit dengan menggunakan truk. Jalannya cukup jauh dan berbatu. Gak lama kita sampai dan langsung nyemplung ke sungai. Satu jam pertama kita diajak ‘pemanasan’ dan mengenal arus-arus di sungai Citarik. Kemudian kita istirahat sejenak, dan kemudian melanjutkan 3 jam perjalanan berikutnya.

“Yang tadi itu masih memble, nah, abis ini baru arung jeram beneran, siap-siap aja ya Mas!”, kata salah satu guide kita.

Bener aja, sekarang arusnya lebih deras, banyak batu-batu gede yang bikin aliran air jadi makin gak ketebak. Perahu karet kita udah kekocok-kocok gak keruan. Udah gitu, kekonyolan makin klop karena Dwipa dan Aji gak bisa berenang! Tapi semua tetep aman karena kita pake pelampung kualitas internasional.

Ada spot dimana aliran airnya cukup tenang dan kita diperbolehkan berenang di air. Kita berlima langsung nyebur tanpa ragu-ragu. Gak taunya, gak jauh dari tempat kita turun ke air, aliran air jadi kencang, kita pun terseret arus. Dari kejauhan dua orang guide kita ketawa-ketiwi, layaknya melihat lima ekor orangutan yang jatuh ke sungai. Otomatis Aji dan Dwipa panik, gw gak bisa ketawa gara-gara udah nelen air sungai. Shit! gw lupa kalo orang sini juga ikut memanfaatkan air ini buat mandi, cuci piring, dan tentunyaa.. be’ol! Sedih gw kalo mikirin itu, tapi bodo amat lah. Tanggung!

Kita berlima akhirnya naik lagi ke atas perahu, sambil ngos-ngosan­ tentunya. Perjalanan pun dilanjutkan. Dan kita sampai di spot peristirahatan dan minum kelapa muda khas Sukabumi. Gile, enak banget! Seger!

Tenaga terisi, perut penuh nutrisi, ketek bau terasi. Kita kembali ke perahu. Dan kita menghadapi arus-arus yang makin gak tau diri. Klimaksnya, ketika ada arus besar di sebelah kanan, perahu karet pun miring, penderitaan gw makin komplit karena Dwipa dan Dika jatuh ke badan gw, akhirnya, gw pun terdorong dan jatuh ke sungai! Sialan. Untung di belakang gw batu, kalo tidak, udah keseret arus dan jadi makanan ikan. Semua orang di perahu ngetawain gw. Kampret.

Sepanjang perjalanan, kita menikmati pemandangan alam yang udah raib dari kota Jakarta. Hutan-hutan, tebing batu, hingga biawak air yang lagi berjemur di batu. Keren abis. Tapi pemandangannya gak melulu indah. Kadang kita juga papasan ama orang yang lagi ‘bertelur’ di pinggir sungai. Jongkok aja gitu gak pake malu. Atau bocah-bocah yang lagi maen di tengah sungai dan nyoba buat gangguin kita. Gw sempet bilang kalo gw itu Pasha Ungu, dan kayaknya mereka agak percaya sambil membalas lambaian tangan gw. Kasian..

Di pinggir sungai juga ada operator yang membawa kamera SLR untuk memotret aksi kita. Hasil fotonya keren-keren, tapi dari semua foto, gw yang keliatan paling narsis. Hehehe..

Berjam-jam kemudian, kita sampai di lokasi finish, tepatnya di Pelabuhan Ratu. Dari situ kita disewakan angkot (kalo di situsnya disebut ‘local transportation’ biar keren dikit) dan berangkat ke hotel Augusta untuk makan siang. Dalam perjalanan menuju hotel, kita melihat paparan pantai yang luas, plus ombak yang seakan memanggil kita buat nyemplung di laut. Walhasil, abis makan kita langsung maen di laut, kayak gak ada capek-capeknya aja. Pantai di depan hotel emang gak sebagus pantai di pinggir jalan yang memang masih sepi. Tapi bodo amat lah, kita tetep having fun. Apalagi ombak di Pelabuhan Ratu terkenal gede. Bukannya kita mau surfing, tapi mau ngerasain diterjang ombak yang kuat. Sok tau sih emang, dan akibatnya kacamata RayBan dwipa hilang keseret ombak. Untung abal ya Dwip? Hahahaha..

Puas maen di pantai, kita langsung pulang menuju Jakarta. Tapi jalan pulang super duper macet. Total 5 jam kita di jalan. Untung ada Mas Dadang yang sangat berbaik hati nyetirin kita dari awal sampe akhir. Bener-bener superhero. Dengan semua yang udah kita keluarin buat wisata dadakan kayak gini, kita sangat puas bisa hura-hura. Sayang semuanya gak bisa ikut. Kalo komplit pasti lebih seru. Yahh.. maybe next time, kalo ada yang punya villa gratis di pinggir pantai, why not?

Indra 'Dandy' Pradana said...

Buras ya mbing??
katany satu orang kena 400 ribu..
Waw, pelanggarn besar terhadap prinsip kemsot...ckckck